Berkunjung ke Cirebon? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Khas Daerahnya!

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Kota Cirebon yang berada di garis pantai utara Jawa Barat, dikenal cukup memiliki potensi bahari. Oleh karena itu, kota ini banyak mengembangkan objek wisata pantai di sekitarnya.

Kota Cirebon yang juga dikenal sebagai¬† ‘kota udang’ ini juga mempunyai oleh-oleh ‘legend’ yang biasanya diburu wisatawan ketika mengunjungi ke kawasan tersebut.

Oleh-oleh khas Cirebon juga sangat beragam, mulai dari pakaian, makanan, sampai kerajinan tangan juga ada.

Jika kamu masih belum tahu oleh-oleh apa saja yang dimiliki ‘kota udang’ ini, berikut adalah oleh-oleh yang bisa kamu beli ketika berada di kota Cirebon.

Oleh-oleh Khas Cirebon

Kue Gapit

Kue gapit adalah camilan ringan yang dibuat dari tepung tapioka dengan menggunakan bumbu-bumbu rempah, lalu dibentuk pipih menyerupai simping.

Rasa yang disajikan kue gapit ini memang cenderung gurih, sedikit asin, renyah. Oleh karena itu, camilan ini sangat pas untuk dijadikan teman bersantai.

Untuk harga per bungkusnya terbilang murah, sekitar Rp15 ribu, tergantung ukuran. Dan jangan khawatir, sebab kue gamping mudah ditemukan hampir di setiap sentra oleh-oleh Cirebon.

Terasi udang

Cirebon sendiri terkenal sebagai produsen terasi udang super yang mempunyai ciri khas tersendiri. Oleh sebab itulah kota ini disebut juga sebagai Kota Udang.

Konon, terasi ini sangat erat kaitannya dengan sejarah Cirebon dan menjadi simbol peradaban.

Tidak hanya itu, bahan baku utama untuk membuat terasinya, murni menggunakan udang rebon kecil, kemudian diolah secara tradisional untuk mempertahankan cita rasa autentik serta tidak mudah basi.

Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay Khas Cirebon, Kaya Rasa nan Menyegarkan | kumparan.com

Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untukmembeli sirup tjampolay yang berbahan dasar buah campolay atau sawo Belanda.

Sirup tjampolay sendiri sudah eksis dan dikenal sejak tahun 1980-an. Kini sirup tjampolay sudah memiliki banyak varian rasa, yaitu pisang susu, leci, mangga gedog, jeruk nipis, melon, dan kopi moka.

Saat diseduh, rasa yang muncul dari sirup ini cenderung unik. Dan perlu diketahui, pemanis sirup ini murni dari gula asli buah sehingga bebas perisa sintetis.

Kain batik Cirebon

Oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya adalah kain batik dengan motif fenomenal yaitu megamendung serta wadasan. Dua motif tersebut umumnya sudah melekat kuat di masyarakat luas sebagai identitas batik Cirebon.

Kain-kain batik tersebut biasanya dijual per meter berupa bahan utuh hingga baju pakai seperti kemeja, baju terusan, sampai baju daster.

Kerupuk lambak

Kota Cirebon juga memiliki camilan khas yang harus kamu coba, yaitu kerupuk lambak yang berbahan dasar kulit kerbau.

Dari bentuknya, sekilas memang mirip seperti kerupuk kulit sapi, namun bahan baku yang dipakai berbeda, yaitu kulit kerbau.

Kerupuk lambak Cirebon memiliki bentuk khas yaitu agak panjang dan masih ada serat-serat kulit di bagian permukaan atas.

Kerajinan rotan

Apabila kamu salah satu penggemar dari aneka kerajinan dari rotan, tidak ada salahnya untuk memiliki koleksi dari salah satu perajin Cirebon. Untuk variasinya terbilang banyak. Mulai dari keranjang, tudung saji, meja, kursi, rak, sampai pot dinding juga ada.

Kerajinan rotan khas Cirebon memang memiliki nilai yang tinggi, bahkan kualitasnya tidak diragukan lagi karena sudah banyak diekspor ke luar negeri.

Relief logam

Bukan hanya kerajinan rotan, seniman-seniman asal Cirebon juga bisa menciptakan kerajinan relief berbahan dasar dari logam.

Oleh-oleh khas Cirebon relief logam juga sangat cocok dijadikan dekorasi tambahan rumah agar terlihat semakin estetik.

Relief logam ini pun memiliki bentuk yang sangat beragam, seperti pemandangan, ikan, aneka hewan, bunga, kaligrafi, atau motif khusus yang menyesuaikan pesanan pelanggan.

Author: pangeranbertopeng