8 Destinasi Wisata di Jepang untuk Pecinta Manga dan Anime

Jalanjalanmurah.web.id –¬† Jepang merupakan salah satu destinasi wisata utama untuk sebagian orang sebab memiliki kekayaan alam dan budaya.

Apalagi bagi para pencinta pop-culture Jepang seperti game, anime, dan manga. Mungkin, Jepang menjadi destinasi liburan impian bagi mereka.

Jika kamu salah satu pencinta anime dan manga yang sedang mencari tempat wisata di Jepang, berikut ini ada beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

1. Museum Ghibli

Banyak sekali film animasi populer Jepang yang dibuat oleh Studio Ghibli. Contohnya saja ada My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, hingga Spirited Away.

Tak hanya terkenal, banyak sekali penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri yang dimenangkan film animasi Ghibli.

Karakter yang unik juga jadi daya tarik animasi dari Studio Ghibli. Oleh sebab itu, tak heran jika karya-karya Hayao Miyazaki dipamerkan di sebuah tempat khusus bernama Museum Ghibli.

Museum Ghibli sendiri memamerkan karya-karya dan dan sejarah Studio Ghibli, di mana sudah berdiri sejak puluhan tahun silam.

Museum ini berlokasi di kawasan Mitaka, Tokyo, dan dapat diakses dalam waktu sekitar 30 menit dari Stasiun Shinjuku.

Jangan lupa melakukan reservasi dulu di laman pemesanan tiket online sebelum datang!

2. Museum Fujiko F Fujio

Jika kamu penggemar karya mangaka Fujiko F Fujio, kamu wajib berkunjung ke museum yang berlokasi di daerah Kawasaki, Jepang ini.

Museum Fujiko F Fujio atau dikenal dengan Museum Doraemon mempertontonkan karya-karya Fujiko yang kebanyakan adalah karakter dari anime Doraemon. Tak hanya itu, ada juga karya seni asli dan film pendek.

Di sini, pengunjung juga bisa mempelajari sejarah animasi yang dibuatnya dan tersedia juga panduan dalam Bahasa Inggris.

3. Odaiba Gundam

Para pecinta animasi sudah hampir 40 tahun ditemani oleh serial anime Gundam. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah patung raksasa Gundam di DiverCity Tokyo dan telah menjadi sebuah ikon bagi daerah Odaiba yang menarik banyak wisatawan untuk datang.

Di tahun 2017, Pantung Gundam lama model pertamanya sudah digantikan dengan yang terbaru yang namanya adalah Unicorn Gundam.

Tak hanya itu, di sebelah patung, ada juga kafe yang menawarkan makanan dan minuman khusus bertema Gundam.

4. Naruto & Boruto Shinobi-Zato di Hyogo

Semenjak munculnya anime Naruto, banyak orang ingin jadi seorang ninja. Apabila kamu salah satu diantaranya, kamu bisa mengunjungi Naruto & Boruto Shinobi-Zato (Desa Ninja).

Letak destinasi wisata ini ada di Nijigen no Mori atau Taman Anime Pulau Awaji di Prefektur Hyogo, Jepang.

Di sini, penggemar Naruto dan Boruto akan bisa menikmati pemandangan  patung-patung karakter dari anime-nya yang dibuat menyerupai ukuran asilnya.

Tak cuma foto-foto saja, kamu juga bisa mencoba aktivitas layaknya ninja dengan melakukan misi-misi di labirin dan menjawab berbagai kuis.

Disediakan pula augmented reality untuk mengambil foto, hingga bisa membuatmu seolah-olah sedang menggunakan teknik ninjutsu seperti karakter Naruto dan Boruto.

5. Patung Attack on Titan di Oita

Kota Hita, Perfektur Oita di Jepang merupakan tempat kelahiran mangaka terkenal Attack on Titan, yaitu Hajime Isayama.

Dilansir dari Japan Travel, suksesnya Attack on Titan membuat patung tiga tokoh utamanya pun dibuat di dekat Bendungan Oyama. Ketiga tokoh itu adalah akni, Eren, Mikasa, dan Armin.

Diketahui saat pengunjung menggunakan aplikasi “Attack on Titan in HITA”, gambar augmented reality (AR) dari Titan Kolosal akan muncul di layar di atas bendungan.

Adegan tersebut dibuat mirip dengan anime-nya, ketika untuk pertama kali Titan Kolosal muncul, dan tiga sekawan itu melihatnya secara langsung.

Di sini, para wisatawan juga bisa masuk ke Attack on Titan di Museum HITA, yang menyuguhkan karya seni asli Hajime Isayama, khususnya karya yang dia buat saat dia muda.

6. Sanrio Puroland

Hello Kitty jadi salah satu tokoh kartun populer Jepang yang juga terkenal di seluruh dunia. Bukan hanya Hello Kitty, kartun lain ciptaan Sanrio, ada Rilakkuma dan Pompompurin juga tidak kalah populer.

Kamu akan bisa bertemu dengan semua tokoh tersebut ketika berkunjung ke taman bermain Sanrio Puroland.

Sanrio Puroland merupakan satu-satunya taman hiburan dengan banyak atraksi bertema, permainan, pertunjukan, toko, dan restoran terkait karakter Sanrio.

Acara musiman juga sering diadakan di tempat ini seperti, ketika Halloween dan Natal. Di mana wisatawan dapat menemukan karakter favorit dalam kostum khusus, dan bisa membeli barang-barang edisi terbatas.

7. Pokemon Center TOKYO DX

Pokemon merupakan sebuah karakter animasi dan game yang terkenal sejak beberapa dekade lalu. Bahkan, game Pokemon Go juga digilai banyak orang di seluruh dunia. Karena popularitasnya Pokemon Center atau toko resminya didirikan.

Kamu bisa membeli merchandise dan mencoba berbagai permainan seru berkaitan dengan Pokemon di Pokemon Center.

Sampai saat ini sudah ada 14 Pokemon Center di Jepang, termasuk lima di antaranya ada di Tokyo.

Pokemon Center TOKYO DX di Nihonbashi adalah yang terbesar sekaligus menyediakan Pokemon Cafe permanen pertama.

8. Tokyo Anime Center

Tokyo Anime Center memiliki fungsi sebagai tempat untuk mempromosikan budaya anime Jepang. Di sini, banyak hiburan berupa pengalaman virtual yang nyata kepada orang-orang.

Pada awalnya, Tokyo Anime Center berlokasi di Akihabara, namun kini sudah dipindahkan ke Shibuya MODI 2F.

Di sini, banyak juga toko yang menjual merchandise anime termasuk produk terkait pameran dan produk asli.

Bukan hanya pameran, ada pula acara seperti talk show, workshop dan wawancara produser, pencipta dan aktor suara atau seiyu dari anime.

Author: pangeranbertopeng