Alasan Suku Dayak Sangat Ditakuti Penjajah Belanda

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Menyingkap alasan mengapa suku Dayak sangat ditakuti oleh penjajah Belanda di masa lalu.

Seperti informasi, pasukan Belanda diceritakan kerepotan melawan rakyat Dayak yang memakai taktik perang gerilya serta senjata tradisional seperti sumpit serta panah.

Belanda sendiri saat itu mempunyai persenjataan lebih lengkap. Sementara masyarakat pribumi masih mengandalkan senjata tradisional yang terbuat dari benda-benda di lingkungan sekitar. Contohnya seperti sumpit panjang atau damek yang dipakai oleh Suku Dayak.

Walaupun bila dibandingkan terlihat tidak setara, akan tetapi saat itu Suku Dayak berhasil membuat Belanda ketakutan.

Berikut ini ada sejumlah alasan mengapa saat itu Suku Dayak sangat ditakuti Belanda.

1. Memiliki Senjata Mematikan 

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Suku Dayak mempunyai senjata mematikan, yaitu sumpit atau damek. Senjata tradisional ini berbentuk pipa panjang dengan ada panah kecil di dalamnya.

Cara penggunaannya, sumpit ditiup dengan mulut supaya panah kecil tersebut melesat ke arah target.

Biasanya, Suku Dayak membubuhi panah kecil tersebut dengan getah pohon ipuh atau iren yang beracun. Nantinya, target yang terkena senjata ini akan mengalami kejang-kejang dan tewas dalam hitungan menit saja.

Bukan hanya sumpit, Suku Dayak juga mempunyai mandau atau parang yang sering dibawa oleh para pria. Dan yang menarik, dalam menggunakan mandau tidak boleh sembarangan.

Sebab, senjata tersebut hanya boleh digunakan untuk membela diri. Jika mandau sudah keluar dari sarungnya, konon mau tak mau harus ada korban jiwa.

2. Pasukan Hantu

Suku Dayak sendiri juga dikenal sebagai pasukan hantu yang menakutkan dan mematikan. Ini dikarenakan Suku Dayak mempunyai pemahaman yang baik pada medan hutan Kalimantan. Yang mana mereka bisa bergerak dalam kesenyapan dan muncul secara tiba-tiba dihadapan lawan dengan senjata mematikannya.

3. Ilmu Gaib

Masyarakat Suku Dayak sangat dekat dengan kehidupan gaib, hal ini sudah jadi rahasia umum. Dalam kesehariannya, Suku Dayak masih menyembah roh serta melakukan ritual pemujaan untuk mendapat kekuatan gaib dari sang leluhur.

Racun Paser, merupakan salah satu ilmu gaib dari Suku Dayak yang terkenal, yang bisa membuat lawan gatal-gatal di seluruh tubuh bahkan sampai ke tulang.

Inilah yang jadi salah satu alasan mengapa Suku Dayak ditakuti oleh lawan, termasuk Belanda.

4. Memiliki Fisik yang Terlatih

Memang, masyarakat Suku Dayak tidak pernah mengikuti latihan militer, akan tetapi fisik mereka cukup terlatih secara alamiah oleh alam. Tak hanya itu, Suku Dayak juga mempunyai insting yang lebih unggul.

5. Motivasi Bertempur

Prinsip yang miliki orang-orang Suku Dayak adalah tidak akan mengganggu bila tidak diusik terlebih dahulu. Sehingga apabila ada orang atau kelompok asing yang berusaha merusak, mereka akan melawan dengan motivasi yang kuat dari dalam diri.

Author: pangeranbertopeng