Cara Deteksi Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Beberapa wisatawan terkadang khawatir akan privasi mereka ketika mereka menginap. Oleh karena hal tersebut, pakar¬†keamanan pun mengungkap teknik cara mendeteksi letak kamera tersembunyi yang mungkin ada di villa atau kamar hotel kamu.

Sebenarnya, dalam beberapa tahun terakhir, keluhan terkait  penemuan kamera tersembunyi yang mengganggu semakin meningkat. Terutama di platform seperti Airbnb, yang membuat banyak wisatawan tidak nyaman dan tidak tenang ketika berlibur.

Walaupun adanya kamera tersebut tidak melanggar hukum, pelanggaran privasi yang dirasakan banyak orang membuat hadirnya kamera tersembunyi itu sangat mengganggu.

Oleh karena itu, para wisatawan bisa mengambil langkah-langkah untuk melindungi privasi mereka sendiri ketika berlibur, meningkatkan kepercayaan serta ketenangan pikiran selama liburan mereka.

Al Lijee, pakar keamanan rumah di Rated Locksmiths, mengungkapkan teknik sederhana mengenali kamera tersembunyi serta dan beberapa tips mudah memutuskan sambungannya apabila kamu merasa tidak nyaman.

Lijee menjelaskan, langkah pertama yang harus dilakukan ketika tiba di penginapan adalah melakukan penyisiran ruangan secara hati-hati.

Dia juga menekankan pentingnya memerhatikan benda atau perangkat tidak biasa yang mungkin menimbulkan kecurigaan.

Dengan meningkatnya kesadaran pada risiko keamanan dan privasi, kini para wisatawan memiliki alat lebih untuk melindungi diri mereka sendiri saat berlibur.

Lijee juga mengingatkan untuk mencabut segala sesuatu yang tampak mencurigakan, seperti jam alarm atau colokan USB asing di dinding.

Bukan hanya itu, ia merekomendasikan penggunaan selimut cadangan untuk menutup benda-benda aneh atau kamera yang ditemukan. Dia juga menyarankan untuk memutuskan sambungan router bila kamu merasa tidak akan menggunakan Wi-Fi.

“Banyak kamera tersembunyi mengandalkan konektivitas Wi-Fi untuk mengirimkan data, dan memutuskan sambungan router dapat mengganggu operasi mereka. Tindakan sederhana namun kuat ini memungkinkan para tamu untuk mendapatkan kembali kendali atas privasi mereka dan melindungi informasi sensitif mereka dari potensi pelanggaran privasi,” ujarnya dilansir dari Daily Star.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, para tamu bisa meningkatkan keamanan dan privasi mereka sendiri ketika berlibur.

Tak hanya langkah-langkah pencegahan fisik, kamu juga bisa meningkatkan keamanan dengan mengunduh aplikasi pintar yang dirancang untuk mencari potensi kamera tersembunyi.

Dia juga menjelaskan, bahwa alat canggih ini memakai kamera ponsel pintar untuk memindai pantulan apapun dan memberi peringatan pada pengguna tentang potensi kamera tersembunyi.

Aplikasi ini dapat mengidentifikasi kaca dan permukaan reflektif lainnya yang mungkin menyembunyikan kamera, menjadikannya sebagai lapisan pertahanan tambahan bagi tamu hotel.

Akan tetapi, penting untuk dicatat meskipun keberadaan kamera di suatu properti mungkin tidak melanggar hukum, pemilik rumah mempunyai kewajiban untuk memberi tahu kamu soal keberadaan kamera selama kamu menginap.

Kamera-kamera ini juga terbatas di area umum seperti ruang tamu, dapur, dan lorong, dan seharusnya kamu sudah diberi tahu soal keberadaan mereka lewat tanda yang terlihat atau dalam kontrak sewa.

Kemungkinan, detail ini tersedia dalam rincian pemesanan. Oleh karena itu disarankan untuk memeriksanya secara menyeluruh sebelum check-in.

Dengan begitu, para tamu bisa memastikan bahwa privasi mereka terjaga dengan baik selama masa menginap.

Author: pangeranbertopeng