Cari Tahu Yuk! Apa Itu Jet Lag?

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Jika kamu sering bepergian, dengan jarak yang sangat jauh, pasti kamu sudah sering mengalami yang namanya jet lag. Sebenarnya apa sih jet lag itu? Kenapa kamu bisa mengalami jet lag? Lalu bagaimana cara mengatasi jet lag?

Apa sih Jet Lag itu?

Kenapa Kita Malah Jadi Susah Tidur Saat Kecapekan Berat?

Jet lag adalah sebuah kondisi fisiologis yang terjadi ketika ritme sirkadian pada tubuh, atau dikenal juga sebagai jam tubuh kamu mengalami gangguan. Jet lag terjadi ketika pola tidur seseorang berubah secara drastis.

Kamu akan merasa ngantuk, lelah, lesu, letih, dan agak pusing. Hal ini terjadi ketika kamu bepergian menggunakan pesawat dan melewati zona waktu yang berbeda.

Selain itu usia juga mempengaruhi sebagaimana parah jet lag yang dialami. Semakin tua usia seseorang, maka gejala jet lag yang dialaminya juga bisa semakin parah. Lain halnya dengan usia muda, atau anak-anak yang biasanya hanya merasakan gejala ringan dari jet lag dan pulih lebih cepat.

Apa Penyebab Jet Lag?

10 Manfaat Positif Traveling - Tokopedia Blog

Jam tubuh atau ritme sirkadian adalah sebuah proses biologis pada tubuh kita yang biasanya terjadi dalam siklus waktu 24 jam. Dalam proses tersebut terjadi pengaturan pada aktivitas sehari-hari seperti jam tidur, bangun, rasa lapar, dan suhu tubuh.

Nah, ketika kamu melakukan perjalanan dengan jarak yang jauh dalam periode waktu yang sangat singkat seperti naik pesawat, maka ritme sirkadian yang ada dalam tubuh kamu butuh penyesuaian, dan proses penyesuaian tersebut terjadi dalam waktu yang tidak cepat.

Cara Mengatasi Jet Lag

Tubuh kamu perlu menyesuaikan kembali siklus antara siang dan malam yang baru. Misalnya kamu terbang ke Amsterdam, Belanda. Di sana waktu masih menunjukkan pukul 3 sore, namun di Jakarta sudah jam 9 malam. Oleh karena itu kamu akan merasa mengantuk karena tubuhmu mengingat bahwa waktu tersebut adalah waktu tidurmu.

Umumnya, jet lag biasanya terjadi ketika kamu bepergian dari barat ke timur dan melewati lebih dari dua zona waktu yang berbeda. Namun jet lag jarang terjadi ketika kamu bepergian dari utara ke selatan, bahkan jarak yang sangat jauh sekalipun, kecuali kamu melewati beberapa zona waktu berbeda.

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Jet Lag?

Namun kita  tidak perlu menderita berlama-lama karena jet lag adalah kondisi yang umumnya terjadi dalam waktu singkat. Selain itu jika kamu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, pasti kamu akan cepat pulih dari jet lag.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi Jet Lag.

  • Lakukan Penyesuaian Terlebih Dahulu

Sebelum berangkat bepergian, kamu bisa terlebih dahulu mencoba untuk beradaptasi dengan pola tidur di tempat tujuan kamu nantinya. Jika tempat yang kamu tuju terletak di arah timur, maka kamu bisa mencoba untuk setidaknya tidur 30 menit lebih cepat dari biasanya.

  • Berangkat Lebih Awal

Jika kamu berencana untuk pergi ke luar negeri untuk urusan bisnis misalnya, jangan sampai kamu harus melakukan presentasi penting dengan kondisi yang tidak optimal karena jet lag. Untuk itu kamu bisa mengakalinya dengan berangkat lebih awal.

  • Minum Banyak Air Kurangi Kopi

Untuk mencegah dehidrasi dan sakit kepala yang disebabkan oleh durasi penerbangan yang panjang, kamu harus mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan cara minum air yang banyak. Selain itu juga sebisa mungkin kamu sebaiknya kurangi mengkonsumsi kafein seperti kopi.

  • Gunakan Bantuan Agar Bisa Tidur

Kamu bisa melakukan antisipasi terhadap jadwal tidur baru yang harus kamu hadapi nantinya. Agar bisa tidur di pesawat kamu bisa menggunakan barang-barang seperti penutup mata, penutup telinga, dan bantal leher agar kamu bisa berada di posisi yang nyaman.

  • Minum Teh Hangat

Teh memiliki bahan-bahan alami dapat membuat tubuh dan pikiran kamu segar kembali ketika diminum di pagi hari. Namun ada jenis teh yang cocok untuk membantu kamu tidur, yakni teh chamomile agar kamu bisa tidur lebih pulas.

Ulasan diatas adalah tips mengatasi jet lag bagi kamu yang sering bepergian jauh. Namun jika kamu pergi ke suatu tempat untuk berlibur hanya beberapa hari saja dan sudah harus pulang kembali ke rumah, sebaiknya tidak perlu terlalu berusaha mengubah pola tidur karena hal tersebut bisa merepotkanmu ketika pulang nanti.

 

 

Author: pangeranbertopeng