Kembali Dibuka! Ini Syarat Berkunjung ke Observatorium Bosscha

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Mulai bulan Juni 2023, Observatorium Bosscha sudah kembali membuka kunjungan untuk umum, setelah sebelumnya sempat ditutup sementara akibat pandemi.

Lewat wisata edukasi ini, pengunjung dapat mengetahui mengenai sejarah observatorium, serta melihat astronom mengamati obyek langit menggunakan teleskop Zeiss.

Bukan hanya itu, mereka juga bisa melihat matahari menggunakan teleskop, serta berdiskusi soal bintang terbesar di tata surya tersebut.

Observatorium Bosscha ini sendiri berlokasi  di Jalan Peneropongan Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dalam setiap hari kunjungan, ada dua sesi dengan kuota pengunjun, di mana masing-masing sesi sebanyak 50 orang. Untuk Sesi 1 pukul 08.30 WIB-10.00 WIB, sementara Sesi 2 pukul 10.30 WIB-12.00 WIB.

Informasi mengenai keterisian kuota akan terus diperbarui di situs web bosscha.itb.ac.id. Pengunjung hanya bisa mendaftar pada jadwal dengan kuota yang masih tersedia.

Syarat dan ketentuan berkunjung ke Observatorium Bosscha

Ada beberapa syarat dan ketentuan sebelum mengunjungi Bosscha, di antaranya :

1. Tur akan dimulai tepat waktu, pastikan untuk datang minimal 30 menit sebelum sesi dimulai. Apabila terlambat  pengunjung hanya dapat mengikuti sebagian isi tur atau pembatalan oleh pihak observatorium.

2. Perhatikan waktu perjalanan untuk menuju observatorium. Di mana pada hari kerja, perjalanan dari pusat kota Bandung bisa ditempuh sekitar 45-60 menit. Namun, dalam kondisi akhir pekan atau masa libur besar (libur Idul Fitri, libur Natal dan Tahun Baru), perjalanan bisa ditempuh sampai tiga jam.

3. Apabila datang ke lokasi tanpa pendaftaran di awal, calon pengunjung bisa diterima selama kuota program kunjungan masih tersedia. Pihak manajemen observatorium berhak menolak pengunjung yang datang ke lokasi tanpa pendaftaran, apabila kuota kunjungan sudah penuh.

4. Calon pengunjung yang sudah mendaftar bisa melakukan pembatalan atau penjadwalan ulang dengan mengirim e-mail ke obsbosscha@gmail.com paling lambat 72 jam sebelum waktu berkunjung. Penjadwalan ulang hanya bisa dilakukan sebanyak satu kali.

5. Tiket akan hangus dan tidak bisa dilakukan pengembalian dana (refund), bila tidak hadir pada jadwal kunjungan atau pembatalan tanpa penjadwalan ulang.

6. Apabila cuaca mendung atau turun hujan, tidak akan bisa melakukan pengamatan matahari melalui teleskop.

7. Anak-anak berusia hingga 12 tahun wajib didampingi oleh orangtua. Orangtua bertanggung jawab atas pengawasan anak-anak.

8. Observatorium Bosscha bisa menyesuaikan kunjungan dengan kebutuhan khusus para pengunjung. Sebagian besar fasilitas di Observatorium Bosscha belum bisa diakses kursi roda, oleh karena itu calon pengunjung dianjurkan berdiskusi dengan pengelola terlebih dahulu sehingga kunjungan dapat diatur sesuai kebutuhan.

Author: pangeranbertopeng