Ketahui Ukuran Ransel Yang Pas Untuk Mendaki Gunung

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Persiapan yang matang merupakan salah satu yang harus dilakukan sebelum melakukan pendakian gunung. Bagian penting¬† yang wajib untuk dibawa asalah tas ransel.

Tapi yang harus kita ketahui, ransel yang digunakan untuk mendaki gunung bukan tas biasa. Ketika memilih ransel untuk mendaki gunung, kamu harus memilih pilihan ukuran ransel yang bervariasi dan ditandai dengan “liter”.

Berikut ini adalah cara menentukan ukuran ransel untuk mendaki gunung:

Waktu Pendakian

Kamu harus tahu berapa lama waktu pendakian yang akan kamu tempuh, sebelum membeli ransel untuk mendaki gunung.

Ransel yang kamu gunakan akan berbeda pada \pendakian 1-2 hari dengan 6 hari.

Biasanya ransel 45 liter itu untuk tiga hari, jika di atas 75 liter itu untuk lebih dari 6 hari. Jika hanya tiga hari bisa memilih yang 20-45 liter.

Ransel dengan ukuran kecil seperti 20 atau 28 liter tentu tak nyaman digunakan untuk lama pendakian seperti enam hari.

  • di bawah 3 hari = ransel 20-45 liter
  • 3 hari = ransel 45 liter
  • lebih dari 6 hari = ransel di atas 75 liter

Barang yang akan dibawa

Barang yang kamu bawa juga akan mempengaruhi ukuran ransel. Banyak sekali peralatan pendakian yang perlu dibawa. Oleh karena itu, kamu membutuhkan ruang tas yang lebih.

Namun, ada juga tren seperti ultra light hiking yang tak perlu membawa barang yang banyak.

Ultra light hiking adalah teknik mendaki gunung yang menekankan untuk membawa peralatan dan perbekalan dengan berat seminimal mungkin, tanpa menghilangkan fungsi penting peralatan dan perbekalan tersebut.

Akan tetapi, teknik ultra light hiking tidak bisa dilakukan oleh pendaki pemula. Sebab, teknik ini hanya bisa dilakukan oleh pendaki profesional yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam hal pendakian gunung.

Mengenali Karakter Gunung

Lain gunung, lain pula karakteristik yang dimilikinya. Hal ini juga sangat mempengaruhi ukuran ransel yang harus dibawa.

Contohnya saja, pendakian gunung dengan suhu yang tak rendah, otomatis kamu harus membawa kantung tidur yang tipis. Hal sama juga berlaku untuk sebaliknya.

Tahu akan karakteristik gunung yang akan didaki adalah salah satu bahan pertimbangan penting untuk memilih ransel.

Misalnya saja, gunung bersalju dan di kawasan tropis tentu akan berbeda. Pada gunung bersalu, barang-barang yang digunakan berukuran besar namun cenderung tak berat. Lalu pada gunung tropis membutuhkan logistik pendakian yang melimpah.

Berat badan

Berat badan juga salah satu hal penting dalam memilih ransel. Ransel yang kamu pilih diusahakan dapat menampung berat maksimal sekitar sepertiga dari berat badan.

Hal ini dilakukan agar pendaki terhindar dari cedera punggung. Sebab, sudah banyak masalah yang terjadi cedera di punggung karena kelebihan berat.

Teman perjalanan

Ukuran ransel yang dipakai oleh teman perjalanan mendaki gunung bisa juga menjadi bahan pertimbangan.

Seperti yang kita tahu, mendaki gunung biasanya dilakukan berkelompok dan logistik pendakian akan didistribusikan secara merata.

Oleh sebab itu, ukuran ransel 60 liter adalah ukuran yang paling pas untuk digunakan karena ukuran 60 liter bisa digunakan untuk perjalanan pendek 2-3 hari ataupun 6 hari. Namun dengan syarat distribusi barang yang merata sesama rekan perjalanan.

Author: pangeranbertopeng