Umbul Manten Klaten, Kolam dengan Air Sebening Kaca

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Umbul atau biasa di kenal dengan pemandian alami, adalah salah satu keunggulan pariwisata yang berada di daerah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Klaten, memiliki banyak sekali kolam pemandian alami yang airnya berasal langsung dari mata air. Oleh karena itu, airnya pun sangat bersih dan bebas kaporit.

Salah satu umbul yang terkenal adalah Umbul Manten yang berada di Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Jika ingin mengunjungi tempat ini, jarak  tempuh menuju Umbul Klaten dari pusat Kabupaten Klaten sekitar 19 kilometer (km). Dengan memerlukan waktu tempuh lebih kurang satu jam.

Air jernih Umbul Manten Klaten

Jika kalian mengunjungi tempat ini, kalian akan menyaksikan sendiri airnya yang begitu jernih. Bahkan, karena terlalu jernih, dasar Umbul Manten yang berbatu bisa langsung disaksikan dari pinggir kolam.

Kolam di Umbul Manten ini sendiri memang masih ditata dengan cukup alami. Bahkan, bukan berbentuk seperti kolam renang pada umumnya.

Dulunya, kolam pemandian ini berada di bawah rimbunnya pohon beringin. Akan tetapi, beberapa pohon harus tumbang terkena angin kencang pada awal 2022.

Walau demikian, bukan berarti tidak ada lagi pohon beringin di Umbul Manten. Sebab, masih ada beberapa pohon yang tumbuh di sana, dengan dahan pohon sudah dipangkas.

Fasilitas Umbul Manten Klaten

Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000, Umbul Manten sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang di sediakan cocok untuk anak-anak dan orang dewasa.

Pasalnya, mereka menyediakan kolam untuk anak-anak dan dewasa. Kolam utama untuk dewasa juga tidak terlalu dalam, tingginya hanya sekitar dagu orang dewasa.

Hal tersebutlah yang membuat Umbul Manten cocok bagi pengunjung yang sedang belajar berenang. Sebab, sangat aman dan kemungkinan tenggelamnya sangat kecil.

Tidak hanya kolam, Umbul Manten juga sudah menyediakan ruang ganti baju, kamar mandi, toilet, serta warung makan. Ada juga saung-saung yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Umbul Manten Klaten, jam buka tempat ini adalah pulul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Author: pangeranbertopeng