Yuk Berkunjung ke Istana Parnaraya Wonogiri!

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Kabupaten Wonogiri yang berada Jawa Tengah memiliki istana sendiri yang tidak kalah megah dari Istana Bogor dan Istana Negara.

Istana tersebut adalah Istana Parnaraya, tempat wisata bercat putih dengan sejumlah pilar besar yang memiliki jet di halamannya.

Salah satu pengelola Kitagawa Pesona Bali Andi Eka Setiawan mengatakan, jika tempat ini awalnya hanya untuk keluarga menginap di sana, dengan konsep yang memang dibuat seperti Istana Negara.

Istana Parnaraya sendiri berlokasi di Kabupaten Wonogiri dan masih satu bagian dari Kitagawa Pesona Bali yang juga dikenal dengan Kampung Bali.

Andi juga menjelaskan, bahwa  tempat ini sekarang khusus wisata untuk pengunjung. Mereka juga sudah legalkan, segala macam (berkas) dan sudah beres semua untuk jadi tempat wisata.

Selama berkunjung disini, wisatawan bisa melakukan sejumlah kegiatan, kegiatan tersebut antara lain :

1. Foto-foto ala keluarga kerajaan

5 Aktivitas di Istana Parnaraya Wonogiri, Foto ala Keluarga Kerajaan Halaman all - Kompas.com

Seperti nama yang sudah dikatakan diawal, bagian dalam Istana Parnaraya tidak kalah megah untuk dilihat. Saat memasuki dalam istana ini, para wisatawan bisa memanfaatkan sejumlah dekorasi yang ada didalam ruangan untuk berfoto-foto bak keluarga kerajaan.

Istana Parnaraya Wonogiri, Bentuk Mini Istana Presiden di Jak...

Salah satunya adalah ruang tamu mewah, dilengkapi tiga kursi besar berdesain antik, televisi, dan kursi yang dialihfungsikan sebagai rak buku. Sebelum berkunjung, jangan lupa untuk siapkan kostum yang sesuai dengan tema agar pengalaman berfoto di Istana Parnaraya makin mengesankan.

2. Jelajah spot foto Instagramable

Istana Parnaraya yang Megah di Wonogiri, Bisa Wisata Sambil Sedekah Halaman  all - Kompas.com

Bukan hanya bagian dalam bangunan yang dapat dijadikan sebagai spot foto, Istana Parnaraya juga mempunyai sejumlah spot foto menarik yang patut dijelajahi. Salah satunya adalah pesawat jet yang berada di halaman tempat wisata, di depan gedung dekat dengan tiang bendera.

Walaupun para wisatawan masih tidak bisa masuk ke dalamnya, namun wisatawan diperbolehkan untuk berfoto di luar pesawat jet tersebut.

Bukan cuma itu, terdapat pula taman kecil yang letaknya tepat di samping jet. Wisatawan dapat berfoto dengan dilatari dengan keindahannya yang asri. Jika ingin memiliki foto yang unik, pengunjung dapat berfoto di sebuah spot berbentuk hati yang memiliki sejumlah tanaman indah di bagian belakangnya.

3. Bersantai di kafe

Setelah selesai berfoto, pengunjung bisa bersantai di kafe yang berada di sana untuk menikmati berbagai jajanan yang disajikan.

4. Nonton di bioskop

Istana Parnaraya juga menyediakan bioskop yang dapat dikunjungi wisatawan. Video yang diputar disana adalah video seputar perjalanan hidup ayah Andi yakni Suparno hingga saat ini. Suparno sendiri merupakan seorang pengusaha sukses yang memiliki sejumlah tempat wisata termasuk Istana Parnaraya, Kampung Bali, dan Museum Sewu Rai di Wonogiri.

Melalui pendapatan yang dihasilkan dari penjualan tiket Istana Panaraya, dia juga kerap menyantuni sekitar 500 lansia dan yatim piatu.

Dengan harga tiket masuk Rp 5.000, pendapatan dari tiket tersebut diberikan untuk lansia dan yatim piatu dalam betuk sedekah.

5. Belanja oleh-oleh

5 Aktivitas di Istana Parnaraya Wonogiri, Foto ala Keluarga Kerajaan  Halaman all - Kompas.com

Setelah selesai berkunjung ke tempat wisata, rasanya kurang belum membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Di sini, wisatawan dapat berkunjung ke Istana Mart untuk membeli suvenir, seperti batik tulis, pembersih interior, berbagai kerajinan tangan, gantungan kunci wayang kulit, dan camilan.

Istana Parnaraya berlokasi di Kebonagung, Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dengan jam operasional setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Di masa pandemi seperti saat ini, para pengunjung diwajibkan untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Author: pangeranbertopeng