Garut Dinoland, Destinasi Wisata Edukasi Baru di Jawa Barat

Jalanjalanmurah.web.id – Garut Dinoland adalah sebuah wisata edukasi yang bertema zaman purbakala.

Destinasi wisata ini, baru dibuka pada 23 Juni 2022 lalu dan merupakan tempat wisata baru Garut, Jawa Barat.

Wakil Direktur Garut Dinoland, Dion menjelaskan, konsep yang dibawa Garut Dinoland adalah wisata edukasi. Di mana tidak hana melihat beragam replika dinosaurus, namun pengunjung juga mendapatkan pengetahuan mengenai jenis-jenis dinosaurus, habitat, makanan, penyebab punah, dan evolusi.

“Selain wisata, kami juga ingin mengedukasi, jadi bukan cuma wisata saja. Kami pilih dinosaurus karena dinosaurus ini menarik untuk anak-anak dan bisa diangkat sebagai pelajaran prasejarah,” jelasnya, dikutip dari Kompas.com (28/6/2022).

Pengunjung bisa beri makan dinosaurus

Yang menarik di sini, replika dinosaurus yang ada bisa bergerak dan bersuara. Pengunjung bahkan bisa memberikan makan dinosaurus dengan makanan buatan.

“Ada dinosaurus yang bisa dikasih makan, jadi pengunjung tahu makanannya apa, dan memang dikasih makan untuk ditelan,” ujar Dion.

Dijelaskan juga oleh Dion, bahwa replika dinosaurus yang ada menggunakan sensor gerak dengan tenaga baterai dan dinamo. Jadi, apabila setiap kali sensor mendeteksi pergerakan, replika hewan purbakala itu pun akan bergerak.

“Karena animatronik, dia menggunakan listrik, lalu bergeraknya pakai dinamo. Jadi, setiap ada orang yang mendekat dia bergerak,” jelasnya.

Dion juga mengatakan, setidaknya ada kurang lebih 13 koleksi dinosaurus di Garut Dinoland. Mulai dari jenis fokuisurus, olorotitan, utahraptor, amargasaurus, carnotaurus, dan lainnya.

Sementara untuk ukuran dinosaurus juga dibuat hampir mendekati ukuran sebenarnya dan bervariasi, dari satu meter hingga empat meter.

Semua replika dinosaurus ini diletakan pada lokasi yang dibuat menyerupai habitatnya, seperti dekat dengan sumber air, semak belukar, dan sebagainya.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Garut Dinoland adalah berfoto dengan replika dinosaurus, memberi makan, berfoto di photobooth, makan di restoran, bermain di playground, dan panjat tebing.

Jam buka Garut Dinoland

Untuk jam buka Garut Dinoland sendiri mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB. Di mana berlaku untuk hari kerja (weekday) dan akhir pekan (weekend) atau libur nasional.

Obyek wisata ini buka setiap hari, tanpa hari libur. Jadi, pengunjung bisa datang setiap hari ke Garut Dinoland sesuai dengan jam operasionalnya.

Harga tiket masuk Garut Dinoland

Sementara untuk harga tiket masuk Garut Dinoland adalah Rp 50.000 per orang pada weekday dan Rp 65.000 per orang untuk weekend.

Untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 80 centimeter, gratis.

“Tidak ada batasan usia, karena kami memang wisata untuk keluarga dari anak-anak,” ujar Dion.

Dion mengatakan, harga tiket tersebut sudah termasuk berfoto dengan dinosaurus dan welcome drink.

Namun jika ada pengunjung yang ingin bermain di playground maupun berfoto di photobooth harus kembali membayar Rp 25.000 per orang.

Playground sendiri adalah tempat bermain anak dalam ruangan yang berisi berbagai macam permainan. Ada mandi bola, play house, tempat lukis, dan tempat main balita.

Sementara, area photobooth menyediakan fasilitas foto untuk para pengunjung seperti halnya foto studio. Di sini, pengunjung juga bisa memakai berbagai macam properti yang berkaitan dengan dinosaurus.

Ada juga fasilitas green screen sehingga foto yang dihasilkan seolah-olah pengunjung berada di hutan dinosaurus dan berinteraksi langsung dengan hewan purbakala tersebut.

Lokasi Garut Dinoland

Apabila kamu ingin berkunjung ke Garut Dinoland, kamu bisa langsung ke Kampung Cibolerang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Jaraknya dari Kota Garut sekitar 8,2 kilometer dengan waktu tempuh 22 menit.

Author: pangeranbertopeng