5 Tempat Wisata Menikmati Balon Udara di Indonesia

jalanjalanmurah.web.id – Salah satu destinasi terkenal di dunia yang menawarkan pemandangan balon udara adalah Kappadokia atau Cappadocia, yang ada di Turki.

Wisata balon udara Cappadocia sempat viral di Indonesia beberapa waktu yang lalu setelah muncul dalam film ‘Layangan Putus’.

Namun sekarang tak perlu jauh-jauh pergi ke Cappadocia, sebab Indonesia juga memiliki beberapa destinasi wisata balon udara. Lalu, di mana saja lokasinya?

“Indonesia sudah punya balon udara, jadi enggak perlu lagi ke luar negeri. Kalau mau naik balon udara, Anda bisa mengunjungi Ubud di Bali, ada juga di Bandung, Jawa Barat, bahkan di Bromo,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Berikut ini adalah 5 tempat wisata balon udara yang ada di Tanah Air.

1. Ciwidey, Bandung

Yang pertama, wisata balon udara di Indonesia ada di Ciwidey, Bandung. Kamu bisa menaiki wahana balon udara sambil menjelajah hamparan perkebunan dari atas ketinggian dengan membayar sekitar Rp200 ribu per orang untuk dewasa.

Kemudian untuk anak-anak, mereka juga diperbolehkan naik balon udara dengan biaya setengah harga dewasa. jangan khawatir, sebab kamu akan dipandu oleh tenaga ahli agar lebih aman saat mengudara.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Selanjutnya ada Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, yang menyuguhkan tempat wisata balon udara. Letak balon udara raksasa itu sendiei ada di kawasan Taman Bunga Keong Emas.

Dengan memiliki diameter 69 meter persegi, balon udara ini mampu menampung 30 orang.

Itulah mengapa balon udara ini disebut raksasa, sebab balon ini adalah balon yang pertama, terbesar dan tertinggi di Indonesia.

Di sini, kamu akan dibawa melayang setinggi 150 meter untuk menikmati keindahan suasana Jakarta.

Supaya kamu lebih puas, kamu bisa datang saat weekend, sebab balon udaranya bisa terbang di malam hari sampai pukul 19.00 WIB.

Untuk harganya sendiri sekitar Rp100.000 untuk dewasa dan Rp60.000 untuk anak-anak.

3. Bromo, Jawa Timur

Tempat wisata balon udara di Indonesia selanjutnya ada di Bromo, Jawa Timur. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya Kawasan Taman Nasional dengan ketinggian 50 meter dengan durasi terbang sekitar 10 menit .

Saat terbang, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Semeru, hingga Gunung Batok dari balon udara.

4. Blitar, Jawa Timur.

Blitar, Jawa Timur, juga memiliki tempat lokasi balon udara. Untuk lokasinya berada di Bukit Teletubbies. Di sini, kamu bisa naik wahana balon udara dengan berlatar pemandangan indah yang membuat mata terbelalak.

Yang lebih serunya lagi, kamu bisa melihat pesona Gunung Kelud dengan udara yang sejuk dari balon udara.

5. Tanah Gajah, Ubud

Terakhir, tempat wisata balon udara yang ada di Indonesia berada di Tanah Gajah, Ubud. Dengan harga sewanya mulai dari Rp1,2 juta per sekali terbang.

Penerbangan balon udara sendiri akan dibagi menjadi dua sesi, pagi hari mulai 06.30 WITA serta saat jelang matahari terbenam mulai pukul 17.30 WITA.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian 50 meter ketika menaiki balon udara.

Author: pangeranbertopeng