Bak Negeri Dongeng, 5 Destinasi Terindah Melihat Aurora yang Patut Dikunjungi

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Buat kamu yang memiliki budget berlebih untuk berlibur dan ingin memberikan pengalaman berlibur terbaik sekali seumur hidup, tidak ada salahnya untuk berwisata melihat aurora.

Kamu bisa melihat cahaya berwarna-warni yang menari-nari di langit bak dunia dongeng.

Aurora sendiri merupakan fenomena alam berupa cahaya menyala-nyala di langit malam. Penampakannya sangat indah dan memukau serta membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Untuk bisa melihat aurora ini, kamu harus berkunjung ke tempat yang sangat jauh, sebab aurora hanya bisa dilihat di negara yang jauh dari garis khatulistiwa.

Melansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), a urora dibagi menjadi dua jenis. Aurora yang berada di Kutub Selatan disebut sebagai aurora australis atau cahaya selatan. Lalu aurora di Kutub Utara dikenal dengan aurora borealis atau cahaya utara.

Berikut ini ada 5 destinasi atau tempat terbaik melihat aurora di berbagai belahan dunia.

1. Reykjavik, Islandia

Reykjavik merupakan ibu kota Islandia yang terletak di Barat Daya Islandia. Islandia sendiri adalah salah satu tempat terbaik melihat aurora.

Selain itu, Islandia juga mempunyai panorama alam yang memukau. Di mulai dari geiser, gunung berapi aktif, lautan yang luas dan air terjun.

Waktu terbaik untuk melihat aurora di Reykjavik adalah sepanjang akhir Agustus hingga awal April.

Kamu bisa berkunjung ke Taman Nasional Thingvellir untuk melihat aurora yang lebih sempurna.

Bagi kamu yang berniat dan memiliki kesempatan mengunjungi tempat tersebut, persiapkan pakaian tebal dan kondisi tubuh yang prima, karena suhu di sana sangat dingin.

2. Tromso, Norwegia

Desember hingga Februari adalah bulan favorit untuk berburu aurora di Norwegia. Tromso merupakan tempat terbaik dan paling populer untuk bisa menikmati aurora borealis.

Bahkan ketika bulan Desember, diselanggarakan acara tahunan polar Night Half Marathon di Tromso.

Jadi tak heran jika Tromso menjadi destinasi wisata winter favorit keluarga untuk berlibur.

Bukan hanya Tromso, ada juga Lyngenfjord, Norwegian Archipelago, Svalbard, Unstand, Lofoten, dan Alta yang juga merupakan tempat terbaik lainnya untuk melihat keindahan aurora di Norwegia.

3. Abisko dan Jukkasjarvi, Swedia

Abisko merupakan dataran tinggi yang ada di bagian Utara Swedia dengan jumlah penduduk yang masih sedikit.

Bukan hanya pemandangannya, keindahan Abisko terletak pada puncak gunung-gunung di sekitar Taman Nasional Abisko.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah Juli hingga Agustus untuk musim panas. Kemudian pada Desember hingga Januari untuk musim dingin.

Sementara untuk melihat aurora di Jukkasjarvi, kamu harus mencoba menginap di Ice Hotel, hotel es pertama di dunia. Menginap di tempat ini akan jadi suatu  pengalaman yang tak terlupakan selama hunting melihat aurora.

4. Finlandia

Spot terbaik untuk bisa melihat aurora di Finlandia ada di Kakslauttanen, Muonio, Rovaniemi dan Paatsjoki Finnish Lapland.

Kemudian, waktu yang tepat untuk melihat aurora di Finlandia adalah pada Desember hingga Februrari, sebab cahaya aurora akan berpendar sempurna di atas salju

5. Anchorage dan Fairbanks, Alaska

Anchorage berlokasi di Alaska Tengah Selatan. Lokasi ini jadi satu spot terbaik untuk melihat aurora, sebab suasana kotanya masih sepi dari penduduk, udara yang bersih serta kontur wilayah yang didominasi oleh pegunungan dan bebukitan.

Namun yang perlu diingat untuk melihat keindahan aurora juga perlu untung-untungan dan tidak bisa ditebak kemunculannya, tergantung cuaca dan waktu yang tepat.

Author: pangeranbertopeng