Mau Liburan ke Australia? Begini Syarat dan Cara Pengajuan Visanya!

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Berwisata ke Australia merupakan suatu ide yang menarik. Tak hanya mempersiapkan tiket dan paspor, kamu juga harus menyiapkan visa.

Seperti kita ketahui, visa merupakan surat izin masuk ke suatu negara untuk berbagai tujuan dalam jangka waktu tertentu. Apabila ingin berlibur, kamu bisa mengajukan visa kunjungan wisata.

Dilansir dari laman resmi Kedutaan Besar Australia, pemegang visa ini memiliki hak untuk mengunjungi keluarga atau teman juga berwisata.

Tapi, kamu harus memiliki cukup dana untuk tinggal di sana tanpa mengambil waktu untuk bekerja.

Syarat pengajuan visa kunjungan wisata Australia

1. Mengisi formulir aplikasi visa Australia

Yang pertama, cek laman resmi Kedutaan Besar Australia. Kemudian temukan jenis visa kunjungan – wisata kemudian cetak formulir. Lalu isi formulir dengan lengkap dan benar.

2. Fotocopy KTP dan KK

Dalam mengajukan visa, kamu memerlukan fotocopy KTP dan KK (Kartu Keluarga). Jadi, siapkan beberapa lembar untuk dibawa saat pengajuan.

3. Dua lembar pasfoto ukuran 4×6

Selanjutnya, kamu perlu menyertakan dua lembar foto berukuran 4×6 dengan latar putih. Sebaiknya kenakan kemeja supaya terlihat lebih formal dan rapi.

4. Fotocopy rekening tabungan 3 bulan terakhir

Untuk bisa tinggal di Australia, kamu wajib membuktikan bahwa kamu memiliki dana yang cukup. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan lembar rekening koran selama 3 bulan terakhir. Paling tidak, kamu harus memiliki saldo sebesar Rp10 juta di tabungan untuk liburan selama sekitar seminggu.

5. Melaporkan kartu kredit dan slip gaji

Siapkan juga laporan kartu kredit dan slip gaji. Kedua dokumen ini akan memperkuat bukti bahwa kamu tidak memiliki masalah terkait pembayaran kartu kredit dan memiliki pekerjaan dengan penghasilan tertentu.

Bukan hanya itu, ada juga  beberapa dokumen yang perlu disiapkan, apabila sewaktu-waktu diperlukan. Dokumen tersebut antara lain:

  1. Rencana perjalanan (itinerary)
  2. Bukti transaksi pemesanan tiket pesawat dan akomodasi penginapan
  3. Surat rekomendasi dari kerabat, teman atau rekan kerja yang tinggal di Australia. Pemberian rekomendasi juga mencantumkan bukti status kependudukan.

Cara mengajukan visa Australia

1. Membawa dokumen ke kantor AVAC

Apabila kamu berdomisili di Jakarta, pengajuan dokumen syarat visa bisa kamu bawa langsung ke kantor Australia Visa Application Centre (AVAC) di Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav. C18, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Sementara jika kamu ingin membuat visa di Bali, semua dokumen bisa dibawa ke AVAC Benoa Square Lantai 3 No. 7-9.3/A di Jalan Bypass Ngurah Rai A Kedonganan No. 21A, Jimbaran, Kuta, Badung.

2. Pengajuan secara daring

Jika Jakarta dan Bali cukup sulit dijangkau, pengajuan visa dapat kamu dilakukan secara daring atau online via laman resmi Kedutaan Besar Australia. Kamu tinggal memilih subkelas 600 untuk Visa Kunjungan – Wisata, lalu klik Apply.

Namun yang perlu diketahui, pengajuan visa secara daring wajib memiliki ImmiAccount. Pada laman https://online.immi.gov.au/lusc/login ada pilihan untuk membuat akun terlebih dahulu.

3. Pembayaran visa

Setelah semua dokumen masuk, kamu wajib membayar biaya visa. Untuk visa kunjungan wisata sendiri, kamu akan dikenakan biaya sebesar 105 dolar Australia atau sekitar Rp1 juta.

Dan jika kamu mengajukan secara daring, pembayaran bisa dilakukan via kartu kredit, UnionPay atau PayPal.

4. Menerima visa

Setelah semua dokumen diberikan, kamu akan menerima pemberitahuan kalau permohonan visa disetujui atau ditolak.

Apabila permohonan diterima, kamu akan menerima informasi berupa nomor visa, tanggal visa mulai berlaku dan ketentuan lengkap pemegang visa. Visa berupa visa elektronik atau Electronic Visa Authority (ETA).

Dan apabila visa ditolak, kamu akan diberitahu dengan lengkap alasan penolakan visa.

Author: pangeranbertopeng