Mirip Niagara, Begini Cantiknya Curug Malela di Bandung Barat

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Curug Malela merupakan¬†salah satu destinasi wisata populer di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Keindahan air terjun yang disuguhkan Malela ini sangat memikat wisatawan. Bahkan disebut-sebut mirip dengan air terjun Niagara.

Air terjun Niagara sendiri terletak di perbatasan Ontario, Kanada dan New York, Amerika Serikat. Di mana merupakan salah satu air terjun yang sangat terkenal di dunia. Dengan memberikan pemandangan yang spektakuler, Niagara bisa menyedot banyak turis setiap tahun.

Namun kini tak perlu jauh-jauh ke Amerika, karena di Bandung Barat menyuguhkan keindahan curug Malela yang disebut sebagai Niagara versi mini.

Diketahui, jika sumber air Curug Malela berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng. Aliran air terjun ini sendiri sangat deras sehingga harus ekstra hati-hati jika ingin berenang.

Air yang terjun dari tebing bebatuan hitam ini tak hanya satu, namun ada lima. Di mana masing-masing mengalir deras berdekatan dari ketinggian sekitar 60 meter. Dan bagian bawah air terjun Malela membentuk kolam yang dalam.

Bagi kamu yang jago berenang, kamu boleh mencoba sensasi mengarungi kolam hasil kucuran air terjun diiringi udara sejuk dan hawa dingin yang merilekskan pikiran.

Namun, jika tidak bisa berenang, wajib hati-hati. Sebab, kolam ini diperkirakan memiliki kedalaman hingga 1,5 meter.

Bebatuan besar tersebar di area kolam membuat suasana Curug Malela semakin eksotis. Perpaduan antara segarnya air, visual hijau memanjakan mata, serta batu alami, akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Curug Malela letaknya paling atas setelah Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir sampai Curug Pameungpeuk.

Tiket Masuk

Sementara harga tiket masuk ke Curug Malela Rp5.500 per orang. Lalu untuk parkir motor tarifnya Rp2.000 dan untuk mobil Rp5.000.

Jika ingin menuju curug Malela, kamu bisa memilih dua akses pilihan yakni, jalan kaki atau menggunakan jasa ojek. Apabila memilih untuk berjalan kaki, kamu bisa mengikuti trek yang sudah disediakan.

Akan tetapi, ketika melintasi trek diharapkan supaya pengunjung berjalanan hati-hati karena jalannya yang masih berupa tanah dan licin di saat-saat tertentu.

Saat ini,  Curug Melala sudah menyediakan fasilitas berupa warung-warung makan, kemudian ada toilet juga. Objek wisata curug Malela buka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB

Author: pangeranbertopeng