Tips Supaya Tidak Ketinggalan Kereta Api

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Kereta Api (KA) adalah salah satu alat transportasi pilihan banyak traveler karena dirasa efisien dan rute maupun destinasinya sudah ditentukan.

Walaupun demikian, masih saja ada orang yang sering kali ketinggalan kereta, serta tidak ada kompensasi untuk penumpang itu sendiri.

Ketinggalan kereta sendiri jelas amat merugikan, sebab waktu dan uang mu jadi terbuang sia-sia.

Lalu, bagaimana tips supaya tidak ketinggalan naik kereta api?

1. Memesan tiket jauh-jauh hari

Ketika kamu hendak bepergian dengan kereta api, kamu bisa membeli tiket jauh-jauh hari supaya dapat menempati tempat duduk yang diinginkan, dan tidak kehabisan.

Apabila kamu membelinya secara mendadak, apalagi mepet dengan waktu keberangkatan, maka kamu akan merasa diburu-buru waktu. Bisa jadi tertinggal kereta atau barang-barang sampai ada yang ketinggalan.

Guna memudahkan pembelian tiket kereta api, saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan penjualan tiket kereta api. Bahkan kamu bisa mendapatkan potongan harga atau diskon jika beruntung.

2. Datang 1 jam lebih awal

Apabila kamu sudah memesan tiket KA dan mempersiapkan semua barang-barang yang akan dibawa, usahakan datang ke stasiun lebih awal untuk menghindari tertinggal kereta api.

Kamu bisa datang 1 jam lebih awal sebelum keberangkatan, supaya tidak terlambat ketika akan naik KA. Karena semua kereta sudah memiliki jadwal keberangkatannya masing-masing, dan kamu tidak bisa menyetop sembarangan kereta saat tertinggal.

3. Mempersiapkan barang bawaan

Lalu, persiapkan barang-barang yang akan dibawa satu hari sebelumnyai atau sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan  untuk meminimalisir kejadian ketinggalan barang-barang.

Jangan lupa untuk membawa tas yang sekiranya mudah dibawa-bawa dan bisa masuk barang-barang banyak. Apabila kamu terlalu banyak membawa barang, maka akan merepotkan diri sendiri. Sebab di dalam kereta api tidak menyediakan layanan bagasi seperti halnya di pesawat terbang.

Sementara, lain halnya bila penumpang KA yang tidak sengaja atau mereka tak turun di stasiun yang dituju sebelumnya. Maka pihak KA akan memberikannya sanksi atau denda.

Sebagai informasi, mulai Kamis 3 Agustus 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberikan sanksi dan denda bagi penumpang kereta api yang ‘dengan sengaja’ turun di stasiun yang melebihi relasi yang tertera pada tiketnya.

“KAI menerapkan aturan tersebut untuk menjaga kenyamanan bersama dan agar tertib menggunakan transportasi kereta api,” kata Pelaksana Harian (Plh) Manager Humas Daop 1 Jakarta, Feni Novida Saragi dalam keterangan resminya.

Kondektur nantinya juga melakukan kegiatan pengecekan melalui aplikasi Check Seat Passenger untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam kurun waktu tertentu yang meliputi kesesuaian identitas, tempat duduk, nama kereta api, nomor kereta api, tanggal dan relasi tiket penumpang sesuai manifest apabila diperlukan.

Oleh karena itu diharapkan semua penumpang bisa menempati sesuai dengan yang tertera pada tiket.

Apabila kondektur mendapati penumpang yang sengaja melebihi relasi, kondektur akan menyampaikan kepada penumpang yang bersangkutan, bahwa secara aturan dikenakan sanksi berupa denda yang harus dibayar menggunakan uang tunai di kereta saat itu juga. Bukan hanya itu, penumpang juga akan diturunkan di stasiun kesempatan pertama.

“Adapun besaran dendanya, yaitu 2 kali dari harga tiket parsial subkelas terendah sesuai dengan kelas pelayanan yang dimiliki penumpang dari stasiun tujuan yang tertera pada tiketnya sampai dengan stasiun tempat penumpang diturunkan,” tegas Feni.

Author: pangeranbertopeng