Wonderlab di Grand Indonesia, Suguhkan Robot Pembuat Kopi

Jalanjalanmurah.web.id –¬†Pada zaman semodern seperti sekarang ini, teknologi yang semakin canggih seringkali membantu manusia dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Akan tetapi, tak sedikit yang merasa jika kecanggihan teknologi dapat menjadi mimpi buruk manusia pada masa depan.

Sebagian orang takut jika pekerjaan manusia sepenuhnya akan diambil alih oleh tangan-tangan robot. Di mana akan semakin mempersempit tenaga manusia untuk bekerja.

Untuk menepis pemikiran tersebut, Wonderlab hadir sebagai gambaran di mana manusia dan teknologi dapat hidup berdampingan dan menghasilkan inovasi pada masa depan.

“Lewat Wonderlab, ada 11 Journey of Wonder, kami ingin membuka pikiran pengunjung dalam merefleksikan bagaimana teknologi canggih dapat membentuk masa depan kita, kehidupan kita sehari-hari, dan tempat kita di alam semesta,” jelas CEO Genexyz, Belinda Luis di mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Aneka instalasi di Wonderlab

1. Instalasi astronot raksasa

Spot utama yang menarik perhatian saat mampir ke East Mall yakni instalasi astronot berukuran raksasa. Di sini, pengunjung tidak hanya bisa berfoto bersama instalasi, namun  pengunjung juga bisa memunculkan wajah di helm astronot.

Kamu cukup membayar sebesar Rp 20.000 per orang, dan wajahmu akan ditampilkan di layar selama 15 detik lewat teknologi sensor.

2. Instalasi gambaran masa depan

Instalasi yang berada di area Rama Atrium menyuguhkan pengalaman melihat gambaran inovasi teknologi masa depan. Beberapa di antaranya, visual manusia di layar yang bisa langsung berinteraksi dengan manusia.

Lalu, ada juga gambaran kota di masa depan, yang bisa dilihat dari gedung-gedung tinggi dan adanya mobil terbang.

Pengunjung juga akan diajak menyanyikan lagu anak di dalam ruangan yang menampilkan karakter AkuNaura. Tak hanya itu, ada juga ruangan yang menampilkan tata cahaya yang memanfaatkan sensor gerakan manusia.

Melihat instalasi ini merupakan gambaran masa depan, teknik membuka pintu di titik ini juga memakai teknologi sensor telapak tangan. Apabila ingin membuka pintu, pengunjung harus menempelkan tangan di mesin sensor terlebih dahulu.

Berada di depan lobi Rama, pengunjung akan menemukan robot pembuat kopi. Robot ini bisa meracik kopi dengan gramasi yang pas selayaknya barista. Di mulai dari mengambil biji kopi, menyeduh kopi, hingga membersihkan peralatan setelah digunakan.

Robot dari Otten Matic ini dibawa dari China ke Indonesia 2021 lalu, dan kini baru hanya ada dua di Indonesia.

Saat ini, satu robot tengah dipamerkan di mal Grand Indonesia, sementara satu lagi berada di kawasan Paskal, Bandung, Jawa Barat.

Bukan hanya menyeduh kopi, robot Otten Matic juga akan memberikan edukasi pada pengunjung soal kopi yang sedang diseduh. Di mulai dari teknik seduh yang dipakai, sampai jenis biji kopi yang disajikan.

Author: pangeranbertopeng